Pertanyaan TTS Islamic Law Forum

Perhatian: 4 kolom mendatar di atas tulisan ISLAMICLAWFORUM yang tidak bernomor tidak digunakan

Mendatar:

  1. Pernyataan pihak kedua dalam akad untuk menerima ijab atau isi perikatan yang diinginkan pihak pertama.
  2. Peraturan perundang-undangan sejenis peraturan daerah yang mengatur penyelenggaraan pemerintahan dan kehidupan masyarakat di Provinsi Aceh.
  3. Salah satu dari Al-Ahkam Al-Khamsah.
  4. Bidang ilmu dalam hukum Islam yang mempelejari hal ihwal pengaturan urusan masyarakat dan Negara dengan segala bentuk hukum, aturan dan kebijakan yang dibuat oleh pemegang kekuasaan Negara yang sejalan dengan jiwa dan prinsip dasar syariat Islam untuk mewujudkan kemaslahatan masyarakat.
  5. Kelompok studi keilmuan di Fakultas Hukum UGM yang fokus dalam mempelajari Hukum Islam.
  6. Bidang Ilmu dalam hukum Islam yang mengatur tentang Jarimah dan ‘Uqubat.
  7. Jenis ‘Uqubat (hukuman yang dapat dijatuhkan oleh hakim terhadap terpidana dalam konteks hukum pidana Islam) yang telah ditentukan dalam qanun, yang bentuknya bersifat pilihan dan besarannya dalam batas tertinggi dan/atau terendah.
  8. Suatu perikatan antara ijab dan kabul dengan cara yang dibenarkan syarak yang menetapkan adanya akibat-akibat hukum pada obyeknya.
  9. Pengadilan tingkat pertama yang melaksanakan kekuasaan kehakiman di lingkungan Peradilan Agama yang berkedudukan di ibu kota kabupaten atau kota.

 

Menurun:

  1. Gelar yang diberikan untuk pemimpin umat Islam setelah wafatnya Nabi Muhammad SAW.
  2. Sumber hukum islam yang ketiga setelah Al-Quran dan Sunnah.
  3. Perbuatan berada pada tempat tertutup atau tersembunyi antara dua orang yang berlainan jenis kelamin yang bukan mahram dan tanpa ikatan perkawinan dengan kerelaan kedua belah pihak.
  4. Perbuatan yang mengandung unsur taruhan dan/atau unsur untung-untungan yang dilakukan oleh dua pihak atau lebih.
  5. Istilah dalam Hukum Muamalah atau Hukum Ekonomi Islam untuk mengartikan penipuan dan tidak mengetahui sesuatu yang diakadkan yang didalamnya diperkirakan tidak ada unsur kerelaan.
  6. Istilah dalam Hukum Muamalah atau Hukum Ekonomi Islam untuk mengartikan tambahan, bertambah, atau tumbuh.
  7. Jenis hukuman yang bentuk dan besarannya telah ditentukan di dalam Qanun secara tegas.
  8. Perbuatan hukum wakif untuk memisahkan sebagian benda miliknya, untuk dimanfaatkan selamanya atau dalam jangka waktu-waktu tertentu sesuai kepentingannya guna keperluan ibadah dan/atau kesejahteraan umum menurut syariah.
  9. Kesepakatan seluruh mujtahid kaum muslimin disesuaikan masa setelah wafat Nabi Muhammad saw tentang suatu hukum syara’ yang amali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *