ILF Goes To UNDIP

original
ILF UGM with KSHI UNDIP – 17 Oktober 2015

STUDI BANDING “ILF Goes To UNDIP”

Assalamualaikum wr.wb. para ILF Heroes!

Bermula dari sebuah keinginan dan tekad yang bulat dari Islamic Law Forum UGM untuk menjalin sebuah jalinan keluarga dengan ruang lingkup yang lebih luas, akhirnya diagendakanlah sebuah kunjungan ke Kelompok Studi Hukum Islam (KSHI) Universitas Diponegoro dengan tajuk “Studi Banding ”ILF Goes To UNDIP” hari Sabtu, 17 Oktober 2015.

Perjalanan dimulai dari Yogyakarta sekitar pukul 09.00 WIB dan  sampailah 8 orang rombongan dari ILF ke UNDIP Semarang pada pukul 11.30 WIB. Yah, walaupun perjalanan sempat sedikit terhambat oleh suatu kejadian lucu, namun akhirnya perjalanan pun kembali diteruskan sehingga akhirnya kami bisa selamat sampai di bumi Diponegoro yang hawa panasnya tak kalah dari Yogyakarta. Sesampainya di sana, kaget bercampur senang kala kehadiran kami langsung disambut oleh Ketua KSHI (Rayhan) dan juga kolega dengan senyuman hangat ala orang Jawa. Rehat sejenak dan sholat berjama’ah pun mengawali langkah kami menuju acara inti. Segarnya air wudhu nampak sekali membuat wajah, bahkan jiwa kami merasa segar dan sangat siap untuk bertukar informasi dan share semua tentang kami ke KSHI UNDIP.

Dimulai dengan pembukaan acara oleh MC, dilanjutkanlah acara dengan sebuah perkenalan serta penjabaran kegiatan secara bergantian. Antusiasme dari kedua kelompok studi dengan rumpun yang sama ini nampak dari berbagai pertanyaan yang diajukan. Acara pun ditutup dengan sebuah jamuan makan siang ringan namun istimewa, sembari kedua kelompok studi bercampur baur melakukan sharing dan guyonan ringan, serta sholat Ashar berjama’ah di Masjidku (Masjid Kampus UNDIP).

Tak puas dengan ilmu yang sudah didapat di kelas bersama KSHI UNDIP, kami memutuskan untuk sedikit refreshing dengan mengunjungi beberapa spot di Kota Semarang yang cukup sayang jika dilewatkan begitu saja. (FYI, kami sedang dalam masa Ujian Tengah Semester). Sore dan malam pun tak menjadi halangan bagi kami untuk jelajah Kota Semarang ditemani beberapa orang dari KSHI UNDIP yang secara sukarela menawarkan diri untuk jadi guide lokal. Beberapa tempat  pun kami sambangi, mulai dari Sam Po Kong, Masjid Gede di Simpang Lima, sampai spot paling horror di Semarang yaitu Lawang Sewu. Hingga akhirnya waktu pun mengharusan ILF dan KSHI untuk berpisah jalan.

Besoknya Minggu, 18 Oktober 2015 sekitar pukul 05.30 WIB, kami pun pulang dengan badan cukup lelah karena seharian diisi kegiatan sampai malam. Namun lelah kami tak sia-sia, banyak sekali pengalaman yang kami dapat, bukan hanya soal ilmu , tapi juga tentang indahnya sebuah jalinan silaturahim dengan keluarga baru kami, KSHI. Terimakasih kami ucapkan kepada Kelompok Studi Hukum Islam (KSHI) Universitas Diponegoro untuk jamuan yang ramah dan nyaman. Semoga di lain kesempatan dapat kembali bersua dan share lebih banyak lagi. See you guys!

Wassalamu’alaikum wr.wb.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *